Berpengaruh Atau Tidaknya Mata Pelajaran Yang Dipilih Untuk UN Bagi Prodi Yang Akan Dipilih

Selamat malam, readers!
Sebentar lagi pendaftaran SNMPTN akan diadakan dan banyak dari kita (murid kelas 12) yang bingung apakah mata pelajaran yang kita pilih saat UN berpengaruh kepada prodi (jurusan) yang kita ambil atau tidak.

Saat liburan akhir semester satu kemarin, selain menikmati liburan, saya menghabiskan waktu saya untuk mencari informasi mengenai SNMPTN, SBMPTN, UM, dan lain sebagainya.
Dan suatu hari saya melihat info bahwa dari 3 mata pelajaran dari jurusan yang saya tekuni di SMA (Ipa) saya harus memilih salah satunya.

Tentu, pertama saya menjadi bingung apakah saya harus memilih salah satu mata pelajaran tersebut sesuai prodi yang saya ambil atau tidak.
Dan akhirnya saya mendapat informasi bahwa mata pelajaran yang saya pilih tidak berpengaruh terhadap prodi yang akan saya ambil nantinya.
Hal itu diperkuat dari screenshot dari salah satu laman terpercaya dan juga tweetan dari Kemendikbud.

Jadi, untuk teman-teman yang sampai pada saat ini masih bingung ingin memilih mata pelajaran apa, saya sarankan untuk memilih mata pelajaran yang sekiranya anda yakin bahwa anda lebih memahami mata pelajaran tersebut dan anda memiliki semangat untuk lebih memahami pelajaran tersebut (bukan karena mudah).

Dan informasi yang saya dapat juga, kemendikbud menerapkan kebijakan ini agar kita dapat "lebih mengekspresikan" diri/menonjolkan keahlian kita di bidang/pelajaran yang kita pahami.

Jadi, siapkah anda untuk menghadapi UN?

Semoga apa yang saya tulis ini dapat bermanfaat bagi saya maupun teman-teman semua. Maaf bila banyak kesalahan di dalam artikel ini.

Good luck~

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Solusi Move On untuk Para Remaja

Mengatasi Trauma Akibat Pembulian